Sunday, June 03, 2007

Sobutong

Setiap hari pulang kuliah, gw lebih sering lewat jalan samping TMP Taruna buat menuju ke rumah dibanding lewat cikokol. Alasannya karena lebih ramai dan lebih sedikit debunya. Soalnya di cikokol lagi ada konstruksi jalan layang.

Salah satu fenomena yang jarang terlewatkan adalah sebuah gerobak yang entah menjual apa di sebelah TMP Taruna yang selalu di penuhi orang setiap gw lewat situ. Antrian mobilnya aja dah ampir nyamain panjangnya kereta Tangerang-Kota. Belom lagi motor yang kadang cuma ada 1-2 :P. Biar gak terlihat mewah acan2, tapi yang parkir di sekitarnya berharga puluhan kali dari itu gerobak. Kesannya seperti para mobil itu jatuh hati ama si gerobak. halah --"

Tadi sore pulang kuliah gw penasaran ama tu gerobak. Akhirnya sekitar setengah sembilan, dengan keberanian dan semangat '45 gw pun menunju lokasi TKP. Sesampainya di sana, seperti biasanya tu gerobak dikerubungin ama mobil2 mahal nun kinclong. Dan percis di sekitar gerobak ntu banyak amat orang berkerumun kaya minta sembako murah.

Gw pun menduga itu adalah gerobak soto, soalnya sering liat abangnya nyentong2 kuah dari panci gedenya. Tapi setelah gw liat dari deket, bahan2nya yang ada di dalem gerobak itu kok agak aneh dari soto. Ada lontong, ada kacang ada kikil dkk. Setelah gw liat orang punya, kok tu makanan makin gak jelas, kuahnya kuah soto, pake bihun ama kikil. Tambahannya pake bawang goreng + kerupuk diancurin kecil2 + kacang + daun bawang dan yang terakhir dikasih lontong dan peyek. Sekilas gw liat 3 jenis makanan di situ. Ada soto ada bubur ada lontong sayur. huehueh soalnya kalo beli bubur kan dikasih kacang + kerupuk + daun bawang.

Berhubung di gerobaknya itu gak ada nama apa2 dan sepertinya semua orang lagi sibuk sendiri akhirnya gw menyimpulkan dan menciptakan sebuah nama untuk makanan tersebut. Ya! "Sobutong". Kalo dipanjangin jadi SotoBuburLontong ^^

Sudah diceritain tadi kalo antriannya panjang banget. Yang belom diceritain adalah ternyata gw harus menunggu 20 menitan buat dapetin satu mangkuk tu Sobutong. Dengan pose penuh kemenangan (biarpun si dia yang antri ^^) gw memandang tu Sobutong dengan mata penuh napsu dan dendam lalu mencicipinya dengan lembut :P

Selama gw menunggu dan denger2 cerita dari orang tentang tempat makan ini, gw jadi menyimpulkan beberapa hal. Kenapa sih kok tempat makan yang bisa dibilang bergerobak dekil pinggir jalan bisa laku kaya kacang goreng?(Emang ada kacangnya sih :P)

Yang pertama adalah lokasi samping TMP Taruna yang mendukung >.<. Ditambah lampu jalan yang remang2 juga beberapa hal yang unik. Sesuai kata orang, ternyata di situ memang benar kalau si penjual hanya menggunakan 12 mangkok ketika berjualan. Hanya buka di malam hari. Juga abangnya gak pernah menjawab pertanyaan pembeli ketika memesan. Dia hanya ngomong kalo dia tanya sesuatu. Sisanya pembeli dilayani asistennya. Apakah angka 12 memiliki arti khusus? Who knows.

Yang jelas makanan berharga 6000 itu rame di serbu orang2 baik yang mewah maupun tidak. Dan setelah gw makan sih rasanya nothing special deh. Tapi memang lumayan enak disantap malam2 supaya hangat.

Gw cukup sering mendengar legenda2 dari tempat2 makan seperti jumlah mangkok ato isu2 lain yang di bicarakan orang sebagai syarat agar tempat makan itu laku. Ntah itu bener ato gak.

Kalau Anda?

No comments: