Thursday, March 27, 2008

SKOM

Sudah lebih dari sebulan semenjak aktor utama dalam cerita ini lulus dari sidang tugas akhir kuliahnya. Sudah beberapa minggu pula semenjak TOEFL yang dijalaninya untuk syarat berkas dari pengumpulan sampul keras Mataram Online. Sebuah buku biru muda dan sekotak cd bersampul gelap bergambar candi dengan langit kemerahan menemani setumpuk surat-surat berkas pengumpulan hardcover yang akan diberikan ke Layanan Mahasiswa.

Akhirnya datang juga hari selesainya semua urusan perkuliahan yang mengikat dirinya dari "ekor" dibelakang namanya yang akan segera diperolehnya setelah dinyatakan layak wisuda pada tanggal 4 April nanti. Kemasan CD yang berbeda dari yang lain memang disiapkan untuk mengawali langkahnya untuk mengikuti lomba yang sedang berada dalam ketidak pastian ini. Selain itu memang untuk menambah rasa bangga para manusia sombong yang menyusunnya.

Memang membingungkan, kesempatan lomba atau pekerjaan atau akuisisi oleh salah satu lembaga kampus yang sudah mulai mengontak untuk mengadopsi skripsinya agar lebih maju. Diterimanya dia sebagai trainee pada anak perusahaan Investor yang terkenal di Indonesia memang sesuatu yang patut disyukuri namun membuat dirinya bingung untuk terus mengambil kesempatan lomba yang ditawarkan atau tidak.

Proses panjang yang dimulai tanggal 29 Februari lalu memang membuahkan hasil yang menggembirakan. Kalau seorang senior pernah menyatakan bahwa "Lady of luck still in love with me" maka aktor dalam cerita ini berhasil selingkuh dengan sang Lady of Luck dan mendapatkan cepretan keberuntungan dalam langkahnya.

Mendaftar kerja di perusahaan pembiayaan mobil yang merupakan salah satu dari anak perusahaan Astra Internasional dan hanya berharap pada satu tempat memang cukup ekstrem. Walau induk perusahaannya akhirnya memberikan undangan psikotest saat dia sudah diterima di anak perusahaan. Proses panjang namun mulus dalam mencari kerja mungkin hanya faktor keberuntungan semata.

1 hari mengirim CV, 1 kali psikotest, 1 kali Interview dengan beberapa orang di perusahaan yang sama dan 1 kali medcheck dalam mendapatkan pekerjaan memang jarang terjadi. Yah sebut saja dia beruntung. Pria beruntung peliharaan dewi keberuntungan :P

Psikotes dilaluinya dengan normal, mengerjakan hitungan, kosakata, gambar sampai rally menghitung angka-angka di kertas super lebar. Wawancara pertama berlangsung dengan agak-agak grogi dan wawancara berikutnya yang berlangsung satu hari penuh saat batas waktu yang diberikan pada wawancara pertama sudah lewat 7 hari.

Seorang calon Sarjana Komputer (S.Kom) yang menolak pekerjaan sebagai DBA (Data Base Administrator) ini akhirnya masih belum mendapatkan kejelasan bidang yang dia akan geluti. Walau interview dengan user marketing berlangsung sebelum dengan user IT, dia sempet ragu juga saat ditawari pekerjaan sebagai DBA yang seharusnya dicari oleh sebagian besar anak IT apalagi peminatan database seperti dia. Apa daya hati kecil berkata lain, bukan karena jam kerja yang 24 x 7, namun lebih kearah passion kerja yang tidak ingin berada terus di tempat yang sama. Katanya "I need travelling and see a new thing". ^^

Proses medchek berlangsung lancar, dengan sedikit adegan hampir pingsan karena darahnya yang diambil lebih banyak 1 tabung dari pada kedua temannya yang medcheck bersama, juga karena request dokter yang menyuruhnya menaikkan celana panjang ke dengkul lalu setelah itu menurunkannya sedengkul. Tindakan pura2 bego yang hanya menurunkan sedikit di komentari sang dokter dengan sabar "Turunin lagi donk, kalau segitu mana kelihatan!" ahaha.. menurut ceritanya, saat itu dia mati rasa... ahahahaha...

Setelah habis-habisan dilihat semua privasi depan belakang tanpa tersisa oleh sang dokter, beruntung hasilnya positif dan jalan menuju pekerjaan yang dia tuju terbuka lebar-lebar. Beberapa hari lagi, aktor utama cerita ini akan mengikuti program Management Trainee di suatu perusahaan pembiayaan mobil yang telah berumur 25 tahun selama 8 bulan kedepan. Semoga 8 bulan lagi dibelakang namanya akan berbaris S.Kom, SKOM (Sarjana Kredit Otomotif Mobil) ^^

Please wish him luck ^^

No comments: