Tuesday, April 01, 2008

First Time at Job


Cerita ini bukan mau menyombongkan pekerjaan seseorang. Tanpa memandang tempatnya bekerja, tanpa mengetahui salarynya, tanpa mengetahui siapa bosnya. Cerita ini hanyalah sebuah kisah tentang seseorang yang baru pertama kali bekerja. Pengalaman pertama masuk kantor sebagai karyawan, walau hanya karyawan trainee.

Setengah lima pagi, disaat pak hansip saja belum pulang ke tempat istrinya menunggu dengan terlelap. Seorang pemuda berusia 20-an terbangun dari tidurnya yang cukup lelap akibat menelan sebuah pil sakit kepala yang berjargon "sudah lupa tuh" sebanyak satu butir sebelum tidur. Kepalanya memang sedikit pusing semalam. Untung dia sudah menengguk jamu orang pintar pake telor di sebelah sebuah universitas swasta di daerah kemanggisan Jakarta Barat.

Sekitar sejam kemudian, tepatnya pukul setengah enam pagi, sebuah motor bebek ber cc 125 berinisial "K" distarter oleh pemiliknya. Dengan dandanan lengkap ala biker jarak jauh, ditariknya gas motor dengan semangat. Hari ini hari pertama dia bekerja di tempat yang cukup jauh itu. Tanjung Barat, Jakarta Selatan, 2 jam lebih dari Tangerang yang ditempuh dengan perjalanan darat beroda dua dengan alokasi kemacetan standart. Khusus hari ini, dia sampai lebih cepat satu jam karena masih pagi buta.

Karena terlalu cepat, diputuskannya mengunjungi sebuah pom bensin yang cukup besar di dekat daerah Ragunan, di sana dia menarik sejumlah uang dan bertanya jalan yang akan didatanginya untuk mencari tempat tinggal sementara. Jam setengah 8 pagi, sampailah ia di sebuah ruang tertutup bernama ruangan Training di lantai 5 dari sebuah gedung dengan gambar "Si Unyil" yang terpampang memenuhi lebih dari setengah bagian depan gedung.

Maka dimulailah serangkaian proses training bak karyawan baru yang masih ijo. Mulai dari pengenalan personel sesama trainee, pengenalan induk perusahaan, pengenalan perusahaan, pengenalan proses bisnis, legal dan masih banyak yang tersisa untuk hari esok hingga test pertama 4 hari lagi. Sebagian sesi membuat dia terharu hingga meneteskan air mata kantuk berkali-kali dan memaksa dia untuk mengeluarkan tenaga lebih dalam berkonsentrasi.

Kabar spektakuler dari sang mentor, bahwa 6 orang MT itu akan mendapatkan OJT (On Job Training) sehari setelah test berlangsung. Tepatnya tanggal 8 ini. Dan penempatannya di cabang Tangerang dan Bekasi. Sedikit tersenyum merasa tempat tinggalnya dekat dengan salah satu cabang yang disebut.

Senyumnya menghilang setelah tahu dia ditempatkan di tempat yang berjarak 3 jam dari lokasi tempat tinggalnya. Padahal di depan matanya, grup yang lain mendapat tempat yang berjarak setengah jam dari tempat tinggalnya. Sungguh kejam, terancam sudah uang transport nombok dan badan makin rontok --"

Setelah 10 jam di kantor akhirnya mereka bisa pulang. Sebelum pulang disempatkannya oleh para trainee di sana untuk mencetak surat kontrak dan mencoba kartu absen yang baru didapat. Norak sekali mereka, menggesek sambil senyum-senyum diiringi tepuk tangan dari yang lain. Bener-bener seperti anak pedalaman baru liat teknologi :P

Dalam perjalanan pulang, harapan akan bersedianya salah satu trainee yang di Tangerang bertukar dengannya masih amat besar. Serahkan saja nasib pada Tuhan, dia pasti tau yang terbaik. Dimana pun tempatnya "Just Survive!"

source for picture : www.german-business-etiquette.com

3 comments:

Mel said...

wuah... BERJUANG!!

ehhehee...

Mel Zhang said...

merdeka!

hhaaha...

Mel said...

SERANG!!!

>_<

bentar lagi dua orang mel diusir oleh raykuro karena ngejunk di comment page :p

*kabur sebelom diusir*