Saturday, April 26, 2008

Outstanding Learner

Post telat sehari ini ditujukan menjawab sekaligus meralat post terakhir yang sudah cukup lama. Tertinggal dari peradaban, sekumpulan orang dari berbagai penjuru perusahaan yang namanya berarti "Bintang" berkumpul bersama dalam acara ABMP. Daerah sunter yang macet di pagi dan sore hari menjadi teman setia selama 5 hari dilaksanakannya ABMP 189 dari AMDI.


Perjalanan panjang mulai dari minggu malam yang basah, hingga jumat malam yang lepek. Seminggu ini berada dalam suasana training yang ketat namun menyenangkan membuat blog ini tertinggal jauh dari rutinitasnya.

Seminggu penuh kopi, teh dan gula ini dilewati dengan cukup melelahkan. Mulai dari kurangnya tidur akibat tugas, telat makan, rutinitas print tengah malam, sampai kejadian hampir telat yang dapat menyeret para tersangkanya untuk membuat Surat Pernyataan akan keterlambatan.

Seminggu yang dinilai ini adalah salah satu acara berkumpulnya karyawan dari sebagian anak perusahaan yang bergolongan 4a atau 4b dan baru saja bekerja kurang dari 1 tahun. Ya ada sih yang 1 tahun 3 hari. Training di gedung "Bintang" International itu diikuti 29 orang yang telah dikirim masing-masing base perusahaannya.

Training penuh kantuk ini memang special, buat yang biasanya cuma ketemu dengan orang-orang satu perusahaan dengan pengetahuan yang searah, kini jadi beragam. Ada yang lebih ahli di manufakturing, Sales Operation, penambangan, juga ada yang sok tahu tentang kredit mengkredit ^^.

Preactivity yang banyak bagi para karyawan yang telah bekerja lebih dari 2 bulan tentu bukan hal yang mudah. Dan karyawan yang baru kerja 3 minggu ini kebetulan mengalami patah tulang, sehingga pertemuan sebelum training untuk membuat tugas kelompok terpaksa ditiadakan. Pembagian tugas berdasarkan asas kepercayaan dilakukan serempak. Alhasil di hari pertama, slide dibuat selama sepuluh menit saat menunggu kelompok lain presentasi. Nyaris memang, untung saja si pembuat secara live yang menggunakan Laptop Acer yang dibawanya adalah "Man of Last Minutes". Ketenarannya sudah terdengar semenjak Mataram Online dibuat. :P

Presentasi pertama berlangsung secara overtime, kebablasan waktu akibat kelamaan di awal-awal. Tapi not bad lah buat tugas kelompok yang baru aja dibuat 5 menit sebelum presentasi dan kelompok yang baru saja kenal 20 menit sebelumnya. Bener-bener sekumpulan orang nekat yang beruntung.

Hari demi hari dilalui dengan kantuk, kopi dan permen. Pertanyaan dan pendapat di ajukan beberapa kali agar mendapat nilai keaktifan. Apa daya nilai akhir keaktifan cuma pas-pas an. Padahal dah semangat kalo nyanyiin lagu Mars "Bintang".

Beberapa hari diperantauan, akhirnya hari terakhir tiba juga. Detik-detik menuju pengumuman hasil memang dinanti banyak pesertanya. Ya sebagian sih cuek bebek. Diumumin ato kaga gak ngaruh..

Seorang pemuda yang termuda di kelas itu, dengan balutan di bahunya yang melindungi bahunya dari benturan serta gerakan berlebih duduk dengan santai. Dengan kepasrahan yang tidak menuntut dia mencoba mendengarkan dengan tenang. Kenyataan kalau teamnya bukan team terbaik tentu dengan lapang dada diterimanya.

Benar perkataan seorang senior, bahwa yang dipakai di sana adalah otak dan mulut. Ya mulut dihargai nilai pas-pas an sih. Untung saja masih ada otak yang menghasilkan pembalasan di bidang yang lain. Well, target Best Achiever yang dijabarkan pada post sebelumnya ternyata tidak ada dalam ABMP kali ini. Namun penghargaan sebagai Outstanding Learner berhasil disabet dalam kepasrahan yang mencoba menutupi keinginan menang yang besar.


Ya mungkin lady of luck masih setia selingkuh dengannya. Sehingga sebuah plakat kristal yang memancarkan segudang kebanggaan saat ini berada di lemari kamarnya. Dengan pahatan "Outstanding Learner" yang kali aja baru pertama menggantikan "Best Achiever" pada tahun-tahun sebelumnya ini, pemuda termuda yang bahunya dibalut itu berhasil memenuhi targetnya untuk membalas budi pada perusahaannya, juga pada orang tuanya yang telah mengantar dia.

Akhir cerita, Sang Plakat berada di tempat yang aman dan ucapan syukur akan selalu dikumandangkan. Tanpa kehendak-Nya segalanya tentu lain. Keadaan tangannya saat ini semakin membaik. Walau masih kaku untuk digerakkan berlebihan, halangan yang ditimbulkan semakin berkurang. Mudah-mudahan segera normal dan luwes seperti kondisi aslinya.

"You do a good thing, and the good thing will come to you"
(Earl J. Hickey, My Name Is Earl)

2 comments:

Mel Zhang said...

congrats!



tak sia2... :D

Anonymous said...

ruar biasaaa...!!!

selamattt!!!